Senin, 12 Mei 2014

Sekedar Curhatan tentang Kuliah

Kuliah merupakan jenjang pendidikan berikutnya setelah lulus SMA/SMK, sekarang para lulusan SMA/SMK sudah banyak yang melanjutkan Kuliah apalagi Pemerintah juga mendukung dengan memberikan berbagai Beasiswa untuk Calon Mahasiswa di PTN tapi kalau PTS para Mahasiswa itu sendiri yang harus mencari Beasiswa itu sendiri saat sudah diterima.

Masa Awal kuliah (Semester 1-4) itu masih anget-angetnya, saking angetnya kebanyakan santai-santai salah satunya saya. tapi walaupun santai saya selalu tetap menjaga nilai IPK diatas 3 dan bagi kalian yang berniat santai sebaiknya punya prinsip seperti saya, jangan sampai terlewat santai. Siapa sih yang mau ngulang semester bawah, semester atas aja saya gak mau ambil apalagi semester bawah.

Oke itulah masa santai kuliah, tapi dampaknya akan terasa di semester 6 saat kita akan Kerja Praktek. walaupun SKS nya kecil (cuma 2 SKS di Kampus saya) tapi cukup di persulit. Mungkin di beberapa kampus ada yang Kerja Prakteknya sudah di arahkan ke Perusahaan mana aja, tapi bagi Kampus seperti kampus saya disana menuntut kita agar mandiri dan terkesan mereka gak mau tau (mereka hanya ingin melihat hasil).

Ya itu dampak yang terasa pada saya saat ini, merasa bingung mungkin terjadi. mungkin saya akan berbagi tips sedikit.

  1. Jika sudah bingung, kembalilah ke kampung halaman untuk mencari tempat kerja praktek. kelebihannya apa kita bisa memilih jenis perusahaan/lembaga apa saja disana, kekurangan jarak untuk konsultasi dengan Dosen Wali
  2. Kirim E-mail sebanyak-banyaknya ke berbagai Perusahaan yang ingin dituju, kelebihannya lebih hemat uang dan waktu, kekurangan mesti nunggu balasan email ada kemungkinan ga dibaca.
  3. Jika yang masih tetap ingin KP yang satu kota dengan Kampus, maka segera cari dan datangin satu persatu. Kelebihannya enak jika akan konsultasi dengan Dosen Wali, kekurangan bisa capek gara-gara keliling.
dari ke-3 tips diatas, itu adalah cara yang sedang saya kerjakan saat ini. Sembari melakukan tips 3 saya juga melakukan tips 2 jika sudah berusaha masih belum berhasil maka tips 1 akan saya coba. Tapi ingat kawan, usaha keraslah dahulu dan pasrahkan pada yang Maha Kuasa yaitu Allah SWT.

Mungkin beberapa teman Blogger ada yang bernasib sama, karena Kampus menyuruh kita untuk "Mandiri" dengan tuntutan yang harus dipenuhi tanpa mereka tau prosesnya seperti apa. Saya sedikit heran terkadang kita disuruh "Jika sudah Lulus Kuliah Diharapkan Mahasiswa Itu membuka Lapangan Pekerjaan" tapi sekarang kita dituntut untuk bekerja, kenapa kita tidak disuruh melakukan observasi saja kemudian melakukan penelitian tentang suatu hal dan kemudian kita menciptakan suatu karya.

Ya seperti itulah curhatan saya, bersambung dahulu mau konsultasi ke dosen masalah Kerja Praktek dan mau menannyakan format penyusunan Jurnal Kerja Prakteknya. Pasti saya Update lagi, jika sudah mendapat Tempat Kerja Praktek. Doakan Ya teman-teman ("Semoga ada yang membaca Blog ini hahaha")

SEMANGAT!! 31 TAHUN LAGI INDONESIA HUT KE 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar