Rabu, 10 April 2013

Artikel Huruf-huruf Jepang

Keseringan nonton Anime Jepang akhir-akhir ini Saya suka belajar huruf Jepang, malahan saya sudah membeli buku 12 Langkah Praktis Mahir Bahasa Jepang (Heny Fitria P.S.) dan Ngobrol Praktis Bahasa Jepang Sehari-hari (Cristine Mandasari, S.S.). Butuh waktu kurang lebih 2 hari untuk bisa nulis Huruf Jepang dan 3 hari untuk bisa inget sama bisa baca tuh Huruf Jepang, kalau sekarang sih saya lagi berusaha belajar memahani tata bahasa atau Grammar-nya yang ribet.

Dalam post kali ini saya ingin memberi tahukan kepada temen-temen tentang beberapa huruf-huruf Jepang, yang terdiri dari huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji. Untuk huruf Kanji saya tidak akan bahas sekarang karena huruf ini lumayan rumit penulisannya, mungkin akan saya bahan di lain kesempatan. Mungkin langsung aja deh ya.. cekibrot...

1. HIRAGANA (ひらがな)


HIRAGANA (ひらがな) salah satu huruf yang paling sering dipakai dalam bahasa tulis Jepang, bentuknya yang sederhana sehingga cukup mudah untuk dipelajari. Saya menghabiskan waktu full seharian untuk mengingat cara penulisan huruf ini, dan konon huruf Hiragana ini dipercaya sebagai huruf yang paling banyak digunakan kaum wanita karena bentuk hurufnya melambangkan keluwesan seperti sifat wanita.

2. KATAKANA (カタカナ)





KATAKANA (カタカナ) huruf Jepang yang juga tak kalah sering digunakan. Hanya saja, huruf ini tidak terlalu sering diganakan seperti Hiragana. Biasanya huruf ini dipakai untuk penulisan bahasa serapan dari bahasa asing (daigaro), nama negara asing, nama kota asing, dan nama orang asing. Seperti nama saya kan Helmi dalam penulisan Jepang jadi ヘルミ (herumi) kerenkan?? haha...
Oh iya, Katakana juga huruf yang paling sering digunakan oleh kaum Pria pada zaman dahulu karena huruf ini terlihat kaku dan kokoh yang sesuai dengan karakter Pria Jepang. Jadi iri nih Katakana aja sepasang sama Hiragana, lah Saya masih muter-muter nyari pasangan.. (nasib...nasib).

Berhubung udah malem dan saya besok kuliah jam 07.00 WIB, pengetahuan tentang huruf Jepang sampai sini dulu lain waktu pasti di lanjutin kembali. Rencananya sih nanti Saya akan bahas beberapa kalimat atau penulisan tanggal dan cara pengucapannya, ya akhir kata...
ありがとう。 じゃ、 また ね。 おやすみなさい。。。
(arigatou. ja, mata ne. oyasuminasai...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar